Minggu, 24 Juli 2016

Bahaya Game Pokemon Go yang Harus Diwaspadai!

“Akhir – akhir ini netizen dihebohkan oleh game Pokemon Go. Siapa sangka ternyata game ini memberikan beberapa ancaman, dampak negatif, atau bahkan berbahaya bagi penggunanya”.

Aksi berburu pokemon memang sangat mengasikan. Namun di sisi lain ada hal – hal yang harus diperhatikan, karena game ini bukan sekedar permainan. Tapi juga bisa dijadikan sebagai pengumpulan data untuk memetakan wilayah.


Sebenarnya sudah banyak sekali yang menulis tentang bahaya bermain game pokemon go. Mulai dari dapat mengganggu konsentrasi dalam berkendara, melakukan pelanggaran memasuki wilayah pribadi orang lain, sampai dengan faktor keamanan handphone penggunanya.


Tapi nyatanya, masih banyak gamers yang memainkan permainan ini. Mengabaikan faktor – faktor keamanan karena di download tidak dari playstore.

Berikut ini adalah bahaya Pokemon go yang My Rigan rangkum dari beberapa sumber.


Bahaya Game Pokemon Go dari Sisi Keamanan Data

Setelah ditarik dari playstore oleh developernya, banyak beredar aplikasi pokemon go palsu yang sangat berbahaya bagi pengguna android.


Bahkan pemakai iOS dan pemilik akun google juga di intai bahaya karena game satu ini.


Yang lebih berbahaya adalah jika pengguna secara tidak sadar menyerahkan akses akun mereka saat melakukan pendaftaran dan menginstall Pokemon Go. Beberapa aplikasi Pokemon Go yang beredar sekarang, bisa mengambil “akses penuh” pada akun Google tanpa harus bertanya kepada pemakainya. Hal ini disebabkan karena aplikasi yang beredar sekarang tidak bersumber dari playstore.


Selain itu, smartphone pengguna juga akan berpotensi terkena malware atau virus akibat banyaknya aplikasi Pokemon Go palsu yang beredar.


Bahaya Pokemon Go dari sisi Kriminalitas.


1. Pelanggaran lalu lintas.


Demi keamanan berkendara, developer Pokemon Go menghimbau agar tidak melakukan perburuan saat berada pada kendaraan. Namun fakta berbicara lain.


Banyak para pemain menggunakan ponsel untuk berburu pokemon dalam posisi “sedang dalam berdara”. Menggunakan ponsel pada saat berkendara adalah melanggar hukum, selain itu juga bisa membahayakan keselamatan.


2. Perampokan, dan tindak kejahatan jalanan.


Indonesia sendiri dikenal sebagai negara yang belum cukup aman dari sisi kriminalitas. Karna itu, jika ada pemilik ponsel yang berjalan dengan menggunakan smartphone didepan umum. Itu sama saja dengan memancing masalah.


Di jakarta sendiri sudah terjadi beberapa kasus terkait dengan game Pokemon Go. Banyak muncul laporan mulai dari penjambretan bahkan sampai percobaan perampokan.


Kebanyakan karena terlalu asik melakukan perburuan, pemain pokemon go lengah dengan apa yang ada disekitarnya.


Kasus yang terjadi dijakarta umumnya terjadi di tempat – tempat umum. Setelah diselidiki, ternyata tempat – tempat ini merupakan arena untuk mengadu Pokemon dengan pemain lain. Seperti lokasi virtual untuk adu ketangkasan yang diberi nama dengan “gym”.


3. Pelanggaran privacy, dan daerah larangan.


Kebanyakan, pemain Pokemon Go terlalu fokus pada layar smartphone. Sehingga tidak begitu menghiraukan daerah sekitar. Kalau di indonesia sih masih sedikit kasus akibat pelanggaran pivacy ini (masuk pekarangan orang tanpa ijin). Tapi meskipun demikian, bisa saja “dibalang sendal” kalau tiba – tiba kita masuk wilayah orang lain tanpa ijin.



Bahaya Game Pokemon Go Bagi Negara


Mungkin sebagian orang beranggapan kalau statement ini lebay. Namun pada pada dasarnya, hal ini sangat mungkin bisa terjadi.

Para pemain biasanya langsung klak – klik setelah mendapatkan buruan baru. Padahal tanpa disadari hal tersebut sangat membantu dan sangat berharga bagi Developer Pokemon Go. Server pokemon Go akan mendapatkan data (mapping) tentang daerah daerah diseluruh penjuru indonesia bahkan di seluruh Dunia secara gratis.


Jadi jangan heran, kalau nantinya orang di luar negeri sana bisa tau keberadaan lorong – lorong disamping rumah kalian yang paling gelap sekalipun.


Bayangkan saja, Google membutuhkan Drone dan melakukan perjalanan dengan mobil penuh kamera untuk memetakan wilayah. Tapi game ini, bisa menikmati koleksi data dari beberapa tempat secara gratis dari upload-an foto para pengguna.


Sederhananya, semakin banyak input yang dikirimkan ke server maka game ini akan semakin cerdas dan sangat menguntungkan bagi developernya.


Pertanyaannya, kira – kira jika orang luar tau dan punya peta wilayah tempat – tempat strategis yang ada di Indonesia. Bagaimana jadinya jika data – data tersebut disalah gunakan?



Yup, demikian artikel tentang Bahaya Pokemon Go yang berhasil kami kumpulkan dari beberapa sumber. Silahkan share tulisan jika anda merasa artikel ini bermanfaat.

Sumber : Gaptek Solusions.

2 komentar:

  1. Sebenarnya bukan game nya yang membat bahaya gan,
    tapi itu semua tergantung pemakainya,
    Game apapun itu kalau mainnya gak tau tempat & waktu juga bakalan bahaya
    Salam dari HLA99

    BalasHapus
  2. Sebenarnya bukan game yag harus di salahkan dalam hal ini, tetapi peakainya
    game aapun itu kalau mainnya gak tau tempat & waktu juga bakal bahaya
    salam dair HLA99

    BalasHapus